BI Maluku Kembali Gelar Program WUBI PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 05 November 2018 03:37

b_100_60_16777215_0___images_stories_berita_bi.jpgSabtu kemarin (3/11), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Maluku menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan

yang diikuti sekitar 100 orang wirausaha di Kota Ambon dan sekitarnya, Sabtu (3/11/2018). Seminar tersebut sekaligus merupakan kick off dari Program Pengembangan Wirausaha Bank Indonesia atau yang dikenal dengan WUBI.

Penyelenggaraan WUBI tahun 2018 ini merupakan yang ketiga kalinya sejak WUBI pertama tahun 2016 lalu,”kata Andy Setyo Biwado Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Maluku, di Ambon, Minggu (4/11/2018).

Menurut Andi, BI Maluku memiliki perhatian besar pada pengembangan wirausaha di Maluku karena tiga alasan. Pertama, BI Maluku ingin meningkatkan jumlah wirausaha di Maluku. BI optimis peningkatan jumlah wirausaha dapat mendorong ekonomi Maluku tumbuh lebih tinggi lagi.

Kedua, pengembangan wirausaha akan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi. Lulusan sarjana di Maluku setiap tahun jumlahnya bertambah hingga ribuan orang, diharapkan dapat terserap dengan lahirnya usaha-usaha baru di Maluku. Lulusan sarjana tidak hanya pencari kerja, tetapi juga pencipta lapangan kerja.

Ketiga, program WUBI diharapkan dapat mencetak wirausaha baru yang kreatif dan inovatif. Untuk memulai usaha baru diperlukan terobosan-terobosan baru yang menjadi pembeda dari usaha lain.

Kreatifitas dan inovasi merupakan kunci bagi pengusaha untuk bisa bertahan dalam lingkungan bisnis yang terus berubah. Sudah banyak contoh perusahaan besar yang bangkrut karena terlambat melakukan inovasi.

“Seperti program sebelumnya, peserta yang lolos seleksi akan bergabung dalam komunitas WUBI,”katanya.

BI Maluku akan memfasilitasi berbagai kegiatan agar usaha anggota WUBI terus berkembang. Anggota WUBI akan mendapat pendampingan dan pelatihan dari konsultan yang sudah berpengalaman.

Anggota WUBI juga akan mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam berbagai pameran, baik di Maluku maupun luar Maluku untuk memperluas mempromosikan produknya.
Sebagai contoh, anggota WUBI sebelumnya telah diikutkan dalam berbagai pameran selama tahun 2018 seperti Maluku Expo di Ambon, Festival Syariah di Balikpapan maupun Karya Kreatif Indonesia di Jakarta.

Anggota WUBI juga berpeluang dipertemukan dengan pengusaha lain yang telah memiliki akses pasar lebih luas, melalui program business matching. Selain membuka jaringan pemasaran yang jangkauannya lebih luas, pengusaha tersebut akan bertindak seperti bapak angkat bagi anggota WUBI tersebut.

Diharapkan, program WUBI ini dapat berkontribusi nyata bagi perkembangan ekonomi Maluku dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku.

Sumber : Tribun Maluku

BI Maluku Kembali Gelar Program WUBI
 

Artikel Terkait

Migrasi & Pelaporan LKPM OSS 1.1

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday626
mod_vvisit_counterYesterday511
mod_vvisit_counterThis week2897
mod_vvisit_counterThis month9795
mod_vvisit_counterAll1200399